Google Mudahkan Penggunaan Solar Panel

Google Mudahkan Penggunaan Solar Panel – Solar panel masih merupakan hal baru di Indonesia. Di negara-negara maju lainnya sekalipun perkembangan penggunaan solar panel masih cenderung rendah. Hal ini dikarenakan sulitnya mengetahui jumlah cahaya yang dihasilkan pada wilayah-wilayah tertentu di atas permukaan bumi.

Google Maps memiliki satelit yang bisa memantau jumlah energi matahari yang dapat diterima di seluruh permukaan bumi, sehingga sangatlah mungkin bila Google ingin menampilkan data tersebut sehingga memudahkan setiap orang di dunia yang ingin memasang solar panel di atas atap rumah masing-masing.

Baru-baru ini Google merilis project terbaru mereka yang diberi nama Google Sunroof ProjectProject ini masih dalam tahap awal dan saat ini hanya tersedia di  tiga lokasi terdekat dengan kantor Google sendiri yaitu: San Francisco, Fresno, dan Boston. Jika project ini berhasil dan berjalan sebagaimana yang diharapkan, maka bukan tidak mungkin nantinya seluruh kota di permukaan bumi bisa mengakses fitur ini untuk mendapatkan informasi tentang jumlah energi matahari yang bisa didapatkan. Semoga saja ide brilian ini bisa dilanjutkan dan dapat bermanfaat dalam meramaikan penggunaan solar cell untuk langkah penghematan energi.

Berikut ini adalah video ilustrasi tentang Google Project’s Sunroof:

Comments